Selasa, 22 Desember 2009

TELADAN DOA NEHEMIA

Thema : TELADAN DOA NEHEMIA
Pembicara : Pdt. Agus Lutan
Ayat kunci : Nehemia 1 : 1-11
Ibadah : Rabu ( Ibadah tengah minggu )
Tanggal : 2 Desember 2009


Download renungan dalam format MP3 : DOWNLOAD

PENDAHULUAN
Beberapa minggu ini ada 2 topik yang begitu ramai dibicarakan orang yaitu :
1. Perseteruan antara KPK dan Polri
2. Tentang kiamat 2012

Berbicara tentang kiamat 2012 yang diekspresikan dalam buku maupun layar lebar ( bioskop ); tentunya supaya semua manusia berjaga-jaga, dan dalam 1 Petrus 4:7 -> Dalam berjaga-jaga maka manusia harus meningkatkan intensitas doa, karena dalam situasi sekarang ini betapa penting dan bergunanya doa itu.
Namun, mengapa banyak orang-orang Kristen tidak gemar berdoa?
Jawabnya, karena begitu banyak gereja yang tidak mengajarkan jemaatnya untuk berdoa, sehingga sebagian besar jemaat beranggapan bahwa doa itu kompleks dan sulit, padahal sesungguhnya doa itu mudah dan sederhana, karena hanya mencurahkan isi hati kita kepada Tuhan, dan tanpa sesuatu yang formal, sebab manusia kapan saja dapat menghadap tahta Allah; selanjutnya mengapa orang Kristen tidak gemar berdoa? Karena mereka tidak melihat hasilnya!

MENGAPA DOA NEHEMIA BERHASIL
DOA NEHEMIA DIMOTIVASI OLEH BEBAN
Jadi kalau kita bertanya, apa yang menyebabkan Nehemia berdoa, adalah karena Nehemia mempunyai pergumulan dan beban bagi orang-orang Israel.
Nehemia berdoa supaya Tuhan menolongnya.
Demikian pula dalam hidup ini, semakin berat beban yang menimpa seseorang, maka akan semakin serius dan konsisten mereka berdoa!
Beban itulah yang membuat Nehemia berdoa dengan tekun ( Matius 7:7 )
Beban itulah yang membuat Nehemia meminta dengan sungguh-sungguh.
Nehemia menangis dan dengan berbagai cara Nehemia mengerahkan semua tenaga ( seperti wanita yang mau melahirkan )
Doa-doa yang dipanjatkan Nehemia itu, sebenarnya bukan tanggung jawabnya, karena kalau kita melihat latar belakang Nehemia, ia hanya seorang juru minum raja saja, tapi didalam hati Nehemia memiliki beban Ilahi dan kasihnya kepada Tuhan.
Sayang sekali dewasa ini ada 2 roh yang sedang bekerja dan berusaha menghancurkan orang-orang Kristen, yaitu roh “ Egois “ dan roh “ Masa bodoh “

DOA YANG DITUJUKAN, HARUS KENAL KEPADA SIAPA KITA MEMINTA!
Nehemia tahu, kemana doanya ditujukan; Nehemia begitu kenal siapa Tuhannya, karena itu ia menyatakan bahwa Allahnya adalah Allah semesta alam yang maha kuasa.
Ungkapan ini menunjukkan imannya bahwa Roh Tuhan lebih berkuasa dari roh dunia ini ataupun roh setan, dan Nehemia percaya, bahwa Allah yang ia miliki adalah Allah yang selalu menepati janji-janjiNya.

DOA YANG BERKUASA ADALAH DOA YANG DISERTAI PENGAKUAN DOSA
Berbicara soal dosa. maka dalam hidup ini ada 2 aspek dosa.
1. Dosa Commission yaitu dosa yang kita lakukan, misalnya dusta, mencuri, berzinal dal lain2.

2. Dosa Omission yaitu dosa karena kita tidak melakukan padahal diperintahkan untuk melakukan misalnya : mengampuni, berbuat baik ( Hamartia -> meleset dari sasaran )

Dalam 1 Petrus eladan doa Nehemia3:7 – pesan buat para suami agar doanya tidak terhalang, adalah memperlakukan istrinya dengan bijaksana.

DOA YANG BERKUASA ADALAH DOA YANG SPESIFIK – DETAIL NAMUN TANPA BERTELE-TELE
Ketika kita minta secara spesifik, maka Tuhan akan menjawab doa kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar